Friday, May 02, 2008

BEBEK: Kekeluargaan dan kekompakan untuk menghasilkan manfaat

Bebek hewan yang disayang banyak orang. Bahkan bebek menjadi karakter di dunia kartun yang sangat disukai para manusia. Dari bayi sampai kakek nenek sangat menyukai si Donald bebek dan anak cucunya. Saya pun masih suka. Namun, tulisan ini merujuk pada kegemaran ibu saya dalam memelihara bebek. Beliau sangat sayang pada bebeknya sampai ajalnya tiba. Setahu saya, ibu saya meninggal di dekat kandang bebek di rumah kami di Kebumen.

Suatu malam beliau terbangun mendengar bebeknya ribut yang tidak biasa. Dia pun memeriksanya. Namun, itu pemeriksaan yang terakhir karena beliau terjatuh di dekat bebeknya karena serangan jantung (diduga demikian). Bebek dan Ibu saya saling mencintai sehingga panggilan ajal lewat teriakan bebek. Atau juga bebek merasakan adanya malaikat maut yang datang ke rumah kami waktu itu sehingga perlu membangunkan ibu saya.

Dibawalah ibu saya ke mantri kesehatan di kampung. Ibu saya meninggal tanpa ada perawatan apa-apa karena memang sudah ajal. Kami pun menjadi yatim piatu. Lebih sedih lagi para bebek yang kehilangan orang yang mencintainya dan mengasih makan. Kami tidak pernah diajari atau mau belajar atau mencintai bebek peliharaan ibu saya. Bebek pun menjadi yatim piatu seperti kami. Dengan sangat berat hati, bebek pun kami jual. Semoga Ibu dan ayah kami di luaskan kuburnya dan diampuni dosanya.

Apalah arti seekor bebek. Mereka ini hewan rakus tak terkira. Mereka tidak bisa hidup sendiri. Bila sendirian bebek menjadi sangat cerewet mencari teman-temannya. Begitu pula ketika makan. Moncongnya yang panjang akan menyosor makanan yang didapatnya tanpa sisa. Namun, dari makanan itu akan diproses untuk tubuhnya sendiri dan untuk telur yang setiap hari akan dihasilkan dari pantatnya yang lucu itu. Paling tidak dua butir telur akan dihasilkan dari bokongnya. Pagi sudah pasti bertelur dan kadang-kadang sore hari akan ditemukan telur dikandangnya. Ya…bebek adalah mesin telur yang tiada duanya.

Bebek selain mesin telur yang baik, dia juga penghasil daging yang enak. Beberapa kota di negeri ini menyajikan bebek goreng yang enak seperti di Surabaya (sekitar Tugu Pahlawan) dan beberapa titik di Jakarta. Beberapa daerah juga memanfaatkan bulu bebek untuk kerajinan yang bernilai jual lumayan. Tak bisa diabaikan manfaat tahi bebek yang berguna untuk pupuk organik.

Baiklah, mari kita lihat pelajaran apa yang bisa diambil dari bebek ini, yaitu:

1. Kerukunan dan kekompakan. Ayo baris yang rapi. Bebek aja bisa masa kalian gak bisa. Begitu kata guru saya waktu SMP. Ya…bebek melambangkan kerukunan, kekompakan dan kepedulian pada sesamanya. Susah dan senang bersama-sama. Tidak sebaliknya susah sama-sama senang sendiri-sendiri. Manusia hendaknya demikian. Rukun dan kompak dengan sesama saudara, sejawat, tetangga, teman dan sebagainya. Satu lagi pelajaran dari bebek yaitu disiplin. Tanpa disiplin akan sulit mencapai hasil yang maksimal.

2. Produktifitas tanpa batas. Bebek yang produktif menjadi kesayangan manusia dan teman-temannya bebek. Begitu juga manusia yang produktif akan disenangi oleh siapa pun. Hendaknya apa yang dimakan atau biaya yang dikeluarkan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Bebek makan dengan rakusnya tapi hasilnya juga setara yaitu 1-2 butir telur sehari. Selama badan sehat, pikiran waras, hati tenang, makan kenyang maka kerjalah dengan baik untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

3. Sensitifitas terhadap keadaan. Cerita di atas menunjukkan betap sensitifnya bebek terhadap sesuatu termasuk “barangkali” kedatangan malaikat ajal ke rumah kami menjemput ibu saya. Beberapa artikel yang pernah saya baca: bebek teriak-teriak ketika akan ada gempa. Ini menunjukkan betapa pekanya bebek terhadap keadaan. Pelajaran bagi kita adalah peka dan waspadalah terhadap sekeliling kita. Artinya mampu membaca apa yang tersirat dan tersurat. Mampu membaca peluang, ancaman, hambatan dan gangguan agar hidup kita lebih terarah.

4. Manfaat yang baik. Manfaat yang baik juga telah diberikan oleh bebek. Dari daging sampai tainya juga bermanfaat. Hendaknya manusia juga demikian. Apa pun yang dilakukan oleh kita, hendaknya memberikan manfaat yang baik.

Banyak yang bisa diberikan oleh bebek. Donald bebek telah menunjukkannya. Dia telah menjadikan pemiliknya sebagai milyarder di USA sana dengan karakter kartunnya. Semoga ini menjadi pelajaran penting bagi kita semua walau bebek terlihat hina di kandang sana. [ ]

No comments: