Saturday, August 09, 2008

BULAN: Kedamaian Dan Ketentraman Di Tengah Kegelapan



Bulan memberikan banyak inspirasi seperti halnya bintang. Memang bulan bukan bintang karena dia hanya memantulkan cahaya dari matahari. Inspirasi tentang teknologi, ketuhanan, romantisme dan wisata. Banyak sekali manusia yang ingin pergi ke bulan. Tapi tidak banyak berinspirasi pergi ke matahari. Kini sudah banyak orang yang pergi ke bulan bahkan banyak pula yang ingin migrasi ke bulan.

Sayang oksigen dan tumbuhan tidak bisa hidup di sana. Air juga tidak ada. Panas bulan mencapai lebih dari seratus derajat celcius. Sama seperti direbus di dapur rumah kita. Pulang dari bulan jadi seperti kodok rebus. Tapi dengan teknologi semua jadi aman.

Kini bulan seperti menjadi tempat tinggal yang kedua bagi manusia. Sekedar bolak-balik melepas keingintahuan. Tidak banyak yang bisa diceritakan tentang bulan karena ia memang benda langit yang tidak produktif. Meski demikian marilah kita renungi keberadaannya:

  1. Bulan menerangi kegelapan. Bulan menerangi dengan cukup indah di kala malam. Semua orang suka bulan terutama bulan purnama. Di kala itu semua orang senang melihatnya. Banyak anak-anak bermain di halaman rumah. Sepasang kekasih makin erat rasa romantisnya. Sinar purnama yang redup tapi indah membuat orang menikmatinya. Maknanya bagi kita adalah jadilah manusia yang mampu menerangi sesamanya. Menerangi dengan ilmunya, sikapnya, dan bantuannya. Jadilah orang yang menentramkan dan menyenangkan seperti bulan purnama yang menyenang semua manusia.
  2. Bulan adalah bintang mati. Bulan hanya memantulkan sinar matahari. Maknanya adalah jangan ditiru fitrah bulan yang tidak produktif walau memberikan keindahan. Kita hidup perlu kreatif agar manfaat lebih banyak dan lebih baik diberikan kepada yang membutuhkannya. Jangan ditiru efek bulan yang membuat laut jadi pasang. Inilah peringatan bagi manusia oleh bulan yaitu manusia tidak boleh pasif dan hanya memberikan tarikan negatif pada pasangnya lautan.

Tidak banyak yang bisa ditarik dari hikmah rembulan selain sinarnya yang menerangi kegelapan. Maknanya secara umum adalah jadilah manusia yang memberikan solusi untuk keadaan yang paling darurat sekalipun. Jangan putus asa dalam keadaan paling terjepit dan kekurangan. Selain itu, berilah dan bantulah orang yang membutuhkannya. Bulan juga peringatan bagi kita agar jangan menjadi orang yang sekedar meniru saja. Jadilah orang yang kreatif. Bulan telah memberikan dua pelajaran sekaligus. Syukurlah. [ ]

1 comment:

Anonymous said...

1등 사이트 | 1등사이트
1등사이트. 1등사이트. 출장마사지 1등사이트. 1등사이트. 1등사이트. 출장안마 1등사이트. 1등사이트. 스포츠 토토 1등사이트. 1등사이트. 바카라사이트 1등사이트. 1등사이트. 1등사이트. 1등사이트. bet365